BNNP Papua dan BRI Gelar, “Sadar Bahaya Narkoba Bersama BRI”

0
62

Jayapura – Lintaslima.com Bertempat di ruang Pertemuan Cartenz Ballrooms Hotel Fave Jayapura telah dilaksanakan Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba pada peserta Kegiatan Sadar Bahaya Narkoba bersama BRI. Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang peserta. Senin (04/11/2019).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah BRI Jayapura I Gede Winata. Dalam sambutannya beliau menyampaikan sasaran dari penyalahgunaan narkoba ini kebanyakan adalah generasi milenial sehingga melalui program BRI peduli narkoba, BRI ingin mengajak seluruh elemen masyarakat dan stakeholder dalam menanggulangi masalah narkoba.

Hadir sebagai narasumber Kepala BNNP Papua, Kabid P2M BNNP Papua dan Direktur Narkoba Polda Papua. Dalam paparan materinya, Kepala BNNP Papua, Brigjenpol Drs. Jackson Lapalonga, M.Si mengatakan bahwa mindset penanganan narkoba saat ini harus diubah, tidak menunggu masalah narkoba ini menjadi parah baru kemudian diatasi bersama. Untuk itu, BNN tidak bosan-bosan mengingatkan Pemda untuk terlibat dalam penanganan narkoba.

Materi upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba disampaikan oleh Kabid P2M BNNP Papua Kasman, S.Pd., M.Pd. Dalam materinya, Kasman menyampaikan bahwa narkoba sampai kapanpun tidak dapat dihilangkan karena dalam dunia medis masih digunakan sehingga peluang penyalahgunaan selalu ada. BNN gencar menekan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba melalui demand reduction, supply reduction dan harm reduction.
Upaya pencegahan yang dilakukan BNN diantaranya mendorong stakeholder untuk menyusun aturan baik internal maupun eksternal contohnya Mou, PKS, pembentukan relawan dan Penggiat anti narkoba, deteksi dini melalui pemeriksaan urin berkala dan sebagainya.

Kegiatan ini diikuti perwakilan sejumlah guru dan siswa SMA/SMK dari 50 sekolah di Kota Jayapura, Kab. Jayapura dan Kab. Keerom. Tujuan kegiatan ini untuk menyadarkan generasi muda terhadap bahaya narkoba

Kegiatan ini sebagai salah satu wujud nyata kepedulian Bank BRI terhadap lingkungan sekitar dan dalam bidang pendidikan, maka Bank BRI menyelenggarakan kegiatan BRI Peduli dengan target sasaran tenaga pengajar, guru, dan ketua Osis di SMA/ sederajat. Program ini serentak diselenggarakan di seluruh Idonesia oleh 19 Kantor Wilayah BRI bekerja sama BNN dan kepolisian setempat.

Kegiatan dilanjutkan dengan skrining tes urin kepada perwakilan personil BRI Jayapura, guru dan peserta secara sampel sebanyak 10 orang dan dalam tes urin tersebut tidak ditemukan peserta yang positif menggunakan narkoba.

Wisnu

Tinggalkan Balasan