Gelar Bhakti Sosial, RSUD OI Bakal Operasi Katarak 60 Pasien

0
70

Pewarta: Rosita Dewi

Ogan Ilir – Lintaslima.com – Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ogan Ilir (RSUD OI) melakukan skrining kepada calon peserta operasi katarak di RSUD OI pada hari Senin Tanggal 4 November 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PERDAMI (Persatuan Dokter Mata Indonesia) cabang Sumatera Selatan bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ogan Ilir (RSUD OI) dan Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir merupakan kegiatan bakti sosial Operasi Katarak Masal pada Tanggal 7-8 November 2019.

Skrining pasien operasi katarak adalah pemilihan calon peserta operasi katarak yang terdiagnosa katarak oleh Dokter atau Dokter Spesialis Mata dan memenuhi kriteria untuk dilakukan operasi pada tanggal 7 dan 8 November 2019 nanti.

Dokter Spesialis Mata RSUD OI, dr. Elisa Taurisia, SpM menjelaskan pemeriksaan skrining yang dilakukan meliputi pemeriksaan Vital Sign, laboratorium gula darah, pemeriksaan tajam penglihatan, dan pemeriksaan mata oleh Dokter.

“Dalam rangka skrining tersebut, penjaringan calon peserta dilakukan melalui sosialisasi ke Puskesmas di seluruh wilayah Ogan Ilir oleh Dinas Kesehatan Ogan Ilir. Calon peserta yang datang ke Puskemas diseleksi oleh tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas tersebut untuk kemudian ditentukan apakah calon peserta terdiagnosis katarak.”ungkapnya, Rabu (6/11/2019).

Calon peserta yang terdiagnosis katarak dari Puskesmas akan dilakukan pemeriksaan tahap berikutnya oleh Dokter Spesialis Mata. Skrining oleh Dokter Spesialis Mata dilakukan 2 tahap. Tahap 1 dilakukan di puskesmas Sri Tanjung, yang berhasil menjaring 23 pasien sementara tahap 2 dilakukan di RSUD OI yang berhasil menjaring 37 pasien. Total pasien peserta operasi katarak berjumlah 60 orang.

Tinggalkan Balasan