SMA Islam Athirah 1 Makassar Turut Lestarikan Budaya di Ajang Indonesia Menari 2019

0
168

Makassar, LintasLima.com – Tim tari SMA Islam Athirah 1 Makassar ikut berpartisipasi dalam gelaran tari bertajuk Indonesia Menari 2019, Minggu (17/11/2019). Kegiatan itu dilaksakan di Trans Studio Mall Jalan Metro Tanjung Bunga Maccini Sombala Makassar.

Dikutip dari laman indonesiakaya.com, Indonesia Menari merupakan sebuah gerakan menari bersama untuk mendekatkan kembali masyarakat dengan tari tradisional nusantara dengan cara mengemas tarian-tarian Indonesia dalam konsep yang modern dan menyenangkan terutama untuk anak-anak muda.

Indonesia Menari dilaksanakan serentak di 7 kota besar di Indonesia termasuk di Makassar. Tahun ini merupakan kali pertama di Makassar dengan jumlah pendaftar secara daring 1.471 peserta namun kuota khusus di Makassar hanya 820 peserta.

Pelatih tari SMA Islam Athirah 1 Makassar Asri Mery Sidowati, S.Sn., M.F.A. mengatakan keikutsertaan anak didiknya dalam ajang tersebut bertujuan untuk menunjukkan kepada siswa bahwa kekayaan seni dan budaya di Indonesia sangat beragam dan dapat dikemas secara modern.

“Kita ingin tunjukkan kepada anak-anak bahwa seni dan budaya di Indonesia itu sangat beragam, sangat kaya. Kita ingin membuat mereka belajar bahwa tradisi itu bukan kuno tetapi justru dengan belajar tradisi akan membuka cakrawala dunia” ujar Asri yang juga merupakan lulusan Korea Selatan ini.

“Dari sini mereka juga akan belajar dan membuktikan kalau tarian tradisi Indonesia juga bisa dikemas secara modern dan asyik” sambungnya.

Sementara itu, Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. turut menyempatkan diri menyaksikan langsung ajang spektakuler itu. Ia pun mengapresiasi keikutsertaan siswanya.

“Saya kira ini sangat positif dan perlu kita dukung ya, apalagi ini sebagai wujud nyata dalam ikut melestarikan budaya Indonesia. Selain ikut melestarikan budaya, tentu mereka juga belajar, dan yang paling penting mereka memiliki pengalaman bertanding” ujar Tawakkal.

Sekadar diketahui, Indonesia Menari merupakan acara tahunan yang digelar setiap bulan November oleh www.indonesiakaya.com. Setelah sukses di 4 kota, Jakarta, Bandung, Semarang, dan Solo pada tahun 2018, tahun ini kembali digelar dengan menambah tiga kota yaitu Makassar, Palembang, dan Medan.

Pewarta: Sukri Muhammad

Tinggalkan Balasan