oleh

Wow Kereen…Tracer Study Fikom UMI Permudah Layanan Alumni

Makassar – Lintaslima.com Di tengah perkembangan teknologi, dan tuntutan untuk mendapat informasi dengan mudah dengan melalui jaringan internet. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia Makassar terus melakukan inovasi, bukan hanya memudahkan proses perkuliahan tapi juga untuk para alumninya.

Pada Juni mendatang, FIKOM siap meluncurkan aplikasi yang disebut Tracer Study dan Portal Alumni. Aplikasi yang dibuat langsung oleh para alumninya.

Seperti diketahui, sebelum menghadirkan aplikasi tracer study, FIKOM telah menghadirkan aplikasi FikomApps untuk meningkatkan pelayanannya. Setelah Launching FikomApps pada Modul Penjadwalan, LMS dan SIMTA. Saat ini, Pihak Fakultas terus berbenah untuk menghadirkan Tracer Study dan Portal Alumni.

Sebagai awal, hari Ahad (17/05/2020), dilakukan pertemuan secara online jajaran Fakultas beserta staff dalam rangka implementasi tracer study dan portal Alumni FIKOM UMI yang dipandu langsung oleh Wakil Dekan I Yulita Salim.

“Saat ini, kami terus mengembangkan Aplikasi FikomApps serta mempersiapkan launching portal Alumni dan Tracer Study FIKOM UMI,” kata Yulita.

Ia menjelaskan, bahwa portal Alumni FIKOM UMI merupakan portal jejaring antara lulusan FIKOM UMI dengan almamaternya. Dalam portal ini, memungkinkan adanya interaksi para alumni untuk mendapatkan berbagai update mengenai tren industri bidang IT, peluang magang, dan berbagai kesempatan yang dibuka di dunia usaha.

“Dalam aplikasi ini, kami menyiapkan berbagai informasi yang terupdate, serta peluang kerja sesuai bidangnya,” ucapnya.

Selain itu, menurutnya dalam aplikasi tersebut juga disediakan fitur Legalisir Ijazah Online, yang bisa diakses oleh semua alumni kapanpun dan dimanapun ketika dibutuhkan. Aplikasi portal alumni ini juga akan membantu alumni untuk mengecek ijazah dan data diri alumni yang ada pada PD DIKTI.

Ia menyebutkan bahwa mulai pekan ini pihaknya sedang mengolah data alumni, mulai dari angkatan 2003-2019.

“Portal alumni ini terintegrasi dengan FikomApps yang juga akan dilengkapi Modul Aplikasi Tracer Study FIKOM UMI yang dapat digunakan untuk memperoleh umpan balik dari alumni. Umpan balik inilah yang sangat dibutuhkan oleh FIKOM UMI dalam usahanya untuk terus memperbaiki serta mengembangkan kualitas dan system pendidikan,”ujarnya.

Selain itu, Ia menambahkan bahwa nantinya Tracer Study dan Portal Alumni Fikom UMI ini akan disosialisasikan dalam beberapa tahap. “Ini dilakukan, agar semua dapat menjangkau para Alumni secara merata serta dimonitor pendataannya oleh Wakil Dekan 3 FIKOM,”paparnya.

Ia menyatakan, selain karena tuntutan Akreditasi, para Alumni juga punya andil untuk memberi masukan dan mendukung Fakultas dalam upaya meningkatkan kualitas Akademik dan kompetensi Lulusan FIKOM selanjutnya.

Kedepannya, Aplikasi FikomApps akan terus dikembangkan untuk memberikan kenyamanan pelayanan kepada civitas akademika Fakultas Ilmu Komputer, baik dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni hingga stakeholders.

Sementara itu, Wakil Dekan III FIKOM, Poetri Lestari LB, menyatakan pihaknya patut berbangga karena Tracer Study dan Portal Alumni ini dibangun oleh, dari, dan untuk Alumni Fikom. Ini adalah langkah awal kami dapat membantu UMI dalam meningkatkan Mutu Lulusan, tutupnya.

Pewarta : Haedar
Publisher : Suardi Zainuddin

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed