oleh

Ini Tujuan Puskesmas Pallangga Gowa Menggelar Kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa

Gowa – Lintaslima.com Guna mendengar langsung aspirasi dan harapan masyarakat terkait kondisi dan layanan kesehatan, pihak Puskesmas Kecamatan Pallangga, kab.Gowa menggelar kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD).

MMD adalah pertemuan antara pihak puskesmas dengan pemerintah desa, tokoh masyarakat dan kader desa untuk mencari perpecahan masalah kesehatan yang didapatkan setelah mengadakan survey mawas diri pada 210 sampel Kepala keluarga.

Permasalahan yang didapat yaitu.

  • masih ada ibu yang tidak memberikan asi eksklusif
  • masih ada masyarakat merokok dalam rumah
  • partisipasi peserta posyandu lansia masih kurang
  • masalah pembuangan sampah
  • masalah sanitasi lingkunga terutama lingkungan perumahan

Diharapkan dengan cara seperti ini apapun persoalan tentang kesehatan yang ada di masyarakat akan dapat diatasi dengan cepat.

Kepala Puskesmas Kecamatan pallangga, Dr. Octaviyani Mph mengatakan, sebelum melaksanakan kegiatan MMD, pihaknya terlebih dahulu telah melaksanakan survey. Salah satu yang dilakukan dengan cara menyebar kuisioner dan wawancara pada setiap RW binaan lewat kegiatan Ketuk Pintu Layani Dengan Hati (KPLDH).

“Kegiatan ini tujuannya untuk mengetahui persoalan kesehatan yang ada di masyarakat. Sebab selama masyarakat belum terbuka, makanya dengan adanya MMD kami berharap enam indikator akan dapat diselesikan secara bersama-sama,”terang Octaviyani

Keenam indikator yang harus dipecahkan ini antara lain deteksi dini kangker servik, masih adanya anggota keluarga yang masih merokok di dalam ruangan, penderita TB paru yang berobat teratur masih rendah, penderita hipertensi yang berobat masih rendah, pasangan usia subur (PUS) yang ikut ber-KB masih rendah, keluarga yang mempunyai balita untuk melaksanakan penimbang balitanya untuk datang ke posyandu atau layanan kesehatan masih rendah.

Maka dari itu dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat lintas sektor bersama muspika untuk bermusyawarah bersama-sama mencari jalan keluar enam indikator survei. Selain itu juga untuk menerima aspirasi masyarakat terkait kesehatan.

Sementara itu Kepala Desa Bontoala, Muh.Yusuf Muin Dg Sisila menambahkan pihaknya sangat menyambut positif kegiatan tersebut. Sebab, kegiatan dengan melibatkan masyarakat, kaum ibu, RW, RT, tokoh masyarakat dan element masyarakat lainnya dapat mendengar langsung masukan demi kesehatan masyarakat Bontoala dan layanan kesehatan Puskesmas Kecamatan Pallangga.

“Nantinya kebijakan yang dihasilkan dalam kegiatan ini jadi kebijakan bersama untuk menyusun pelayanan kesehatan yang baik dan profesional,” tutupnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *