oleh

Refleksi 75 Tahun Proklamasi Kemerdekaan : “Apa Kabar Pendidikan di Indonesia”.. ??

Oleh : Muhammad Rizaldi

Sulsel – Lintaslima.com Sumber daya manusia yang bermutu hanya dapat di wujudkan dengan pendidikan yang bermutu. Pendidikan bermutu adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi, bakat, dan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Dengan pendidikan bermutu, maka akan menghasilkan manusia potensial yang tangguh, berkarakter, dan mempunyai daya saing tinggi dalam masyarakat dunia.
berangkat dari pernyataan ini, maka upaya dalam peningkatan mutu pendidikan merupakan suatu kewajiban yang sangat penting untuk dilakukan dan tidak boleh ditawar lagi. Karena dengan ini sumber daya manusia yang bermutu dapat terbangun.

Akan tetapi ketika melakukan penelusuran yang lebih mendalam, kita akan menjumpai banyak nya persoalan pendidikan di Indonesia yang sedemikian komplek.
Berbagai problematika muncul tidak hanya dalam permasalahan konsep pendidikan, peraturan, dan anggaran saja. Namun persoalan pelaksanaan pendidikan dari berbagai sistem di Indonesia juga turut serta menambah komplek nya problematika pendidikan di Indonesia.

Sejak di mulai nya era reformasi, banyak kalangan yang terjebak dan menjadi korban problematika pendidikan yang terjadi di negara ini. Kita bisa melihat ada banyak output hasil pendidikan di Indonesia yang belum sesuai dengan tujuan pendidikan di Indonesia sendiri.
Kemerosotan moral dan akhlak anak bangsa, etos kerja yang kurang, keterampilan yang masih sangat rendah, korupsi yang makin menjadi-jadi, dan angka pengangguran dari kalangan para sarjana yang angka statistik nya cukup tinggi.
Semua ini tentu sangat memprihatinkan bagi siapa saja, khusus nya bagi kalangan pemerhati pendidikan di Indonesia.

Melihat semua permasalahan ini, maka kita akan menyadari bahwasanya ada yang salah dan tidak beres dalam sistem pendidikan di negara kita. Dan seperti yang saya katakan di awal tadi, perlu adanya perbaikan yang menyeluruh terhadap masalah pendidikan yang di hadapi negara kita ini. Sudah terlalu lama kita terperanjat dalam problematika pendidikan di negeri ini. Sehingga ada kesan seakan-akan sektor Pendidikan bukan sesuatu yang begitu penting untuk di benahi.
Padahal, hasil penelitian yang ditulis dalam sebuah makalah menyatakan bahwa pendidikan merupakan sebuah sarana untuk membangun martabat dan peradaban manusia sebagai seorang individu yang juga merupakan bagian dari suatu komunitas. Dengan pendidikan, setiap individu berproses dan berpotensi menjadi manusia yang berkualitas. Baik secara mental, spiritual, maupun kognitif.

Integrasi antara nilai-nilai luhur, nilai-nilai agama, dan aspek kognisi merupakan sinergi yang kuat dalam membentuk manusia-manusia bermartabat. Sehingga anak-anak bangsa mampu membangun sebuah peradaban yang maju.

Di Indonesia sendiri, peran pendidikan dalam membangun martabat dan peradaban manusia masih sebatas wacana saja. Ini bisa dilihat dari sisi capaian pendidikan masih jauh dari harapan semestinya.
Oleh karena itu, sesuai dengan apa yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke 4. Bahwa salahsatu tujuan di bentuk nya sistem pemerintahan Indonesia adalah “mencerdaskan kehidupan bangsa.”
Maka negara, dalam hal ini pemerintah sangat berperan penting dan mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan serta memperbaiki pendidikan di Indonesia secara menyeluruh, sebagai bentuk pengejawantahan dari alinea ke 4 Pembukaan UUD 1945 tersebut.

Setelah 75 tahun proklamasi kemerdekaan Indonesia, yang baru saja diperingati pada tanggal 17 Agustus kemarin. Harusnya ini menjadi sebuah refleksi bagi kita semua khusus nya pemerintah dalam meningkatkan upaya memperbaiki Pendidikan secara menyeluruh di negara ini. Terlebih lagi, dimasa pandemik Covid-19 yang menimbulkan banyak kekacauan ini. Juga menjadi permasalahan baru bagi dunia pendidikan di Indonesia, di tengah-tengah problematika lama yang belum juga terselesaikan. Tentunya ini menjadi tantangan baru bagi pemerintah dalam upaya menyelesaikan sedemikian persoalan pendidikan di dalam negeri.

Sumber : e-journal.metrouniv.ac.id
ejournal.undiksha.ac.id
www.researchgate.net

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed