oleh

AMKI Sulsel Hadirkan Tiga Pemateri Sekaligus Pada Webinar Nasional Bertajuk Kepemimpinan

Makassar – Lintaslima.com Webinar Nasional dengan tema “Membangun Spiritual Leadership” digelar secara virtual melalui konferensi video zoom dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Athirah TV, Sabtu (22/8/2020).

Webinar tersebut dipandu oleh Direktur Sekolah Islam Athirah sekaligus Sekretaris AMKI Sulsel H. Syamril, S.T., M.Pd. Sebelum memberikan kesempatan kepada pemateri, terlebih dahulu Rektor Kalla Business School itu memberikan pengantar yang membangun semangat peserta dalam mengikuti webinar.

“Bagaimana cara agar bisa sukses dan bahagia? Yakni dengan memperoleh harta yang halal, tahta yang amanah, ilmu yang bermanfaat, keluarga yang sakinah mawaddah wa wahmah, sahabat yang setia dalam suka duka, serta mengubah pola pikir apakah bisa pasti bahagia menjadi apakah bisa bahagia?” terang Syamril dalam kesempatan tersebut.

Diikuti lebih dari 300 peserta, webinar tersebut menghadirkan tiga pemateri sekligus yakni Dosen Universitas Muhammadiyah Malang Prof. Dr. Tobroni, M.Si., Dosen Univeristas Muslim Indonesia Prof. Dr. Ir. Mir Alam Beddu, M.Si., dan Ketua Senat Akademik Intitut Teknologi Bandung Prof. Dr. Hermawan K. Dipojono, MSEE.,Ph.D.

Kesempatan pertama diberikan kepada Prof. Tobroni. Tobroni yang juga penulis buku “The Spiritual Leadership” memaparkan materi berjudul “Masjid Kampus Wahana Pembentukan Sipiritual Leadership”. Kurang dari 45 menit Prof. Tobroni menguraikan konsep spiritual leadership dalam masjid kampus. Menurut Prof. Tobroni, SDM unggul dengan karakter mukmin, muttaqin, dan muhsin lahir dari sebuah masjid kampus.

“Masjid kampus dapat menjadi komunitas teladan yang mampu menghasilkan seorang pemimpin unggul, serta menjadi pemimpi bukan hanya untuk umat. Namun juga pemimpin bangsa dan negara,” paparnya

Lebih jauh Prof. Tobroni memaparkan, model kepemimpinan spiritual yaitu pemimpin yang mendedikasikan segala usahanya untuk Allah dan sesama manusia sehingga dapat membangun integritas, rasa syukur, dan kesabaran.

Pembicara kedua yaitu Ketua AMKI Pusat Prof. Dr. Hermawan K. Dipojono, MSEE.,Ph.D. Dalam pemaparannya ia menjelaskan hal-hal yang diperlukan agar dapat menjadi spiritual leadership, model spiritual leadership, serta makna spiritual leadership bagi AMKI.

“Spiritual leadership merupakan alternatif untuk mempertemukan kepemimpinan modern dengan nilai-nilai spiritual,” tuturnya.

Sementara itu, pembicara ketiga Wakil Ketua AMKI Sulsel Prof. Dr. Mir Alam Beddu, M.Si. Dalam kesempatan itu Prof. Mir Alam membawakan materi dengan judul “Laboratorium Membangun Kepemimpinan Spiritual”. Materi tersebut ia bahas secara lugas dan mendetail. pada akhir pemaparannya ia menyampaikan kalimat filosofis tentang pemimpin yang bahagia.

“Kebahagiaan bukan semata mendapatkan sesuatu, akan tetapi yang terpenting kebahagiaan memberikan sesuatu yang terbaik kepada orang lain,” ucapnya di akhir pemaparan materi.

Laporan : Musyorafah

Editor : Suardi

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed