oleh

Semarak Tahun Baru Islam, SMA Islam Athirah 1 Makassar Gelar Lomba MTQ

Makassar – Dalam rangka menyemarakkan tahun baru Islam, SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar kegiatan bertajuk “Peringatan Muharram 1442”, Selasa (25/8/2020). Digelar secara virtual melalui zoom meeting, kegiatan diikuti oleh guru, karyawan, siswa, dan orang tua siswa.

Acara diawali dengan tausiyah oleh Dr. Fatkhul Ulum, Lc., M.A. Kurang dari 1 jam, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Makassar itu memaparkan pentingnya hijrah. Selain tausyiah, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan berbagai lomba di antaranya, MTQ yang diperuntukkan bagi siswa dan quiziz yang beperuntukkan bagi siswa dan guru.

Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya mengapresiasi pengurus OSIS Avedra yang telah mempersiapkan kegiatan tersebut. Tawakkal mengajak para siswa untuk meneladani hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

“Terima kasih ananda pengurus OSIS bgitu semangatnya mempersiapkan acara ini dengan virtual,” ucapnya.

“Mari kita belajar dari hijrahnya nabi (Muhammad) dengan memaknai dalam diri kita untuk bisa juga berhijrah secara sederhana, yang sederhana itu adalah ketika muncul kemalasan untuk join belajar maka mari berubah untuk cepat join, perubahan itu adalah salah satu bentuk hijrah yang lebih baik,” sambungnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolalido Mas Aman Uppi, S.Pd., M.Pd. juga hadir memberikan sambutan. Dalam kesempatan itu, Aman yang juga pernah menjabat kepala sekolah di SMA Islam Athirah 1 Makassar banyak mengajak para partisipan untuk berintropeksi diri khususnya pada awal tahun dalam kalender Hijriah ini.

“Sebagai umat muslim, hendaknya kita menyambut tahun baru Islam dengan memperbaiki amalan-amalan kita, mari kita bermuhasabah mengenai cara dan gaya belajar kita, mari senantiasa bertafakkur untuk untuk merancang kehidupan esok yang lebih baik,” tuturnya.

Peringatan muharram di SMA Islam Athirah 1 Makassar biasanya digelar secara langsung di sekolah, tetapi kali ini digelar secara virtual karena status pandemi covid-19 yang mengharuskan seluruh aktivitas sekolah dilakukan dari rumah.

Yusran

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed