by

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNM Gelar Seminar Literasi

-NEWS-1,276 views

Makassar – Lintaslima.com Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar seminar literasi kebangsaan secara virtual, Jum’at (28/08/2020).

Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan pengabdian beberapa dosen sosiologi dengan bekerja sama dengan LP2M dan Organisasi Kepemudaan IPMIBAR.

Webinar ini mengangkat tema “Literasi Kebangsaan pengamalan Pancasila berbasis Kearifan lokal” Diskursus ini adalah bagian penting secara sosiologis menghidupkan keterlibatan publik khususnya dunia kampus terhadap narasi kebangsaan. Ungkap, Idham Irwansyah, S.Sos.,M.Pd Ketua Prodi Sosiologi.

Kegiatan ini disambut baik oleh Direktur Pengkajian Materi BPIP Dr. Muhammad Sabri, MA yang juga bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. Menurut beliau sangat penting mengelaborasi pengamalan Pancasila dengan menggunakan narasi kearifan lokal.

Bangsa Indonesia sangat kaya akan filosofi kemanusiaan dan ketuahanan ini menjadi modal kita untuk menguatkan Pancasila. Tambahnya.

Selain Kak Abi sapaan akrab beliau, kegiatan ini menghadirkan Dr. Andi Singkeru Rukka selaku budayawan dan Sopian Tamrin, S.Pd.,M.Pd. yang melihat dari perspektif sosiologisnya.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial Prof. Dr. Jumadi, S.Pd.,M.Si turut hadir dan memberikan penguatan sekaligus merespon kegiatan ini untuk ditindak lanjuti dalam bentuk MoA. Menurut beliau kegiatan ini perlu diberi perhatian dan diwadahi dalam kerjasama pada tingkat fakultas dan universitas begitu juga prodi yang terkait seperti sosiologi dan PKn.

Kegiatan ini berlangsung meriah dengan dihadiri oleh ratusan peserta baik yang mengikuti lewat zoom maupun melalui media youtube. Hal ini dilihat dengan banyaknya pertanyaan yang masuk baik dari kalangan dosen mapun mahasiswa.

Kegiatan yang dipandu oleh moderator catur pramudya dari pihak mitra BPP IPMIBAR berlangsung sore hari hingga menjelang magrib ini ditutup oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial universitas Negeri Makassar.

Editor : Suardi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *