by

Kesyahbandaran Utama Makassar Kembangkan Inovasi S2CS

Makassar – Lintaslima.com Dalam rangka upaya pemenuhan persyaratan keselamatan bagi kapal perikanan dan tradisional, dan menjaga nilai integritas, Kementrian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, melalui Kesyahbandaran Utama Makassar terus mengembangkan inovasi implementasi S2CS yaitu, safety, security, Clean Ocean dan services di Pelabuhan Makassar dan sekitarnya.

Masih dalam rangkaian gerai pemenuhan dokumen kapal, dokumen awak kapal dan perlengkapan keselamatan bagi kapal tradisional dan perikanan, kali ini kantor Kesyahbandaran Utama Makassar yang dipimpin langsung oleh bapak Ahmad Wahid, ST.,MT.,M.Mar.E, Selaku kepala kantor, Sabtu (05/09/2020).

Didampingi kepala bidang Keselamatan Berlayar, Triono, S.Pel.MM, dan Humas Kesyahbandaran beserta Pejabat Struktural dan pemangku kepentingan terkait, mengunjungi pulau Barranglompo, dan dihadiri oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Makassar, Ketua DPD HNSI Sulsel Bapak Marsono, Sekertaris camat sangkarrang, Lurah Barranglompo dan pengaman pos polisi kepulauan Sangkarang Barranglompo.

Dengan menggunakan Kapal Patroli KPLP KNP.305 DAN KNP.5204, untuk menyerahkan secara langsung bantuan pemerintan yaitu Dokumen Kapal dan Perlengkapan Keselamatan kapal, ini merupakan arahan bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo agar selalu memperhatikan masyarakat 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) di Indonesia.

Dalam sambutannya kepala kantor Kesyahbandaran Makassar menuturkan bahwa yang tergolong masyarakat 3T itu harus dibantu dan difasilitasi oleh pemerintah khususnya dibidang keselamatan berlayar, dan bantuan ini diberikan secara gratis dan pelayanan gratis, ini tidak hanya harus di berikan dikantor saja tetapi harus turun langsung kepada masyarakat.

Untuk itu pemerintah hadir untuk masyarakat, agar semua kebutuhannya dapat dipenuhi dan terfasilitasi melalui program ini. Tak luput pula kepala kantor Kesyahbandaran Utama Makassar sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini dan tak lupa pula kepada para awak media yang selalu mensosialisasikan program ini.

Disamping itu, masyarakat yang ada dipulau Sangkarang dan sekitarnya sangat antusias menerima bantuan ini, Kementrian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kesyahbandaran Utama Makassar memberikan keringanan untuk pengurusan surat-surat kapal bagi para nelayan tradisional dan turun langsung kepada mereka, agar masyarakat khususnya Barranglompo tidak repot-repot lagi pergi ke kota untuk mengurus kelengkapan surat suratnya.

Pewarta : Haedar
Uploader : Suardi Zainuddin

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *