by

Basarnas Makassar Himbau Masyarakat Taat Protokol Kesehatan

Makassar-Lintaslima.com Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Makassar, tetap melakukan kegiatan seperti biasa, walau di tengah pandemi covid-19, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Humas Basarnas Makassar, Hamsidar, mengungkapkan, di kantor kami ini, mewajibkan kepada seluruh jajaran untuk senantiasa taat terhadap anjuran pemerintah seperti jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan pakai sabun, atau paling tidak menggunakan hand sanitiser. Rabu (09/09/2020).

“Setiap hari, selain menggelar operasi, kami latihan siaga SAR, dan memberikan materi kepada teman-teman secara daring atau virtual”, tegas pria yang akrab di sapa Adhe ini.

Jadi, kalau untuk internal Basarnas Makassar, segala bentuk laporan-laporan untuk saat ini menggunakan aplikasi virtual. Di sini juga terdapat beberapa pos seperti Selayar, Bantaeng, dan Bone.

Seperti musibah banjir bandang yang baru-baru ini terjadi di Kabupaten Luwu Utara, kami membuka posko pemantauan di Kota Palopo, dan ini dilakukan 24 jam, serta digelar secara bergantian, kalau ada yang berpotensi menimbulkan korban jiwa, kami akan segera tindaklanjuti, tambah Adhe.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2016 maka Badan Nasional ini akan melakukan Pencarian dan Pertolongan dengan memiliki tugas dalam menyelenggarakan urusan terhadap pemerintahan dengan pencarian korban bencana.

“Pada saat banjir bandang di Luwu utara itu, kami juga melakukan pengumpulan dana untuk internal Basarnas Makassar dan di berikan kepada korban tersebut”, ujar Adhe.

Selanjutnya, kami kembali mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat di Sulawesi Selatan, agar mematuhi protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah.

Basarnas Makassar sendiri, telah menangani kasus kecelakaan, terbanyak terjadi pada pelayaran, lalu orang hilang di gunung. Khusus untuk pelayaran laut, kami himbau untuk menggunakan safety, dan perhatikan ketinggian ombak, tutup Hamsidar.

Penulis : Haedar Sudarman
Uploader : Rusli Jamal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *