oleh

Sekretaris Baznas Makassar : Selama Pandemi Jumlah Mustahik Meningkat

MAKASSAR – LINTASLIMA.COM – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), merupakan lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Baznas merupakan Lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama

.Maka dari itu, Baznas bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

Sekretaris Baznas Kota Makassar, H. Katjong Tahir, SH, mengungkapkan, Baznas ini merupakan lembaga pelayanan terhadap masyarakat yang kurang mampu, di tengah pandemi covid-19 ini, jumlah mustahik (sebutan bagi orang-orang yang berhak menerima zakat), bertambah.

Bayangkan saja di dalam bulan Ramadhan yang lalu, yang telah kami programkan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT), jumlah keseluruhan mustahik 1535 bertambah sebanyak 612 orang dalam masa pandemi ini, khusus untuk penyaluran bantuan konsumtif.“Di dalam persiapan penyaluran sembako sebanyak 3000 paket, namun karena pandemi ini, maka bertambah sebanyak 4500 paket sembako, itupun belum cukup”, tegas H. Katjong.

Di tambahkan, di masa pandemi covid-19 ini orang yang tidak mampu meningkat dua kali lipat, banyak orang yang di rumahkan dan di PHK, mereka inilah yang kami berikan bantuan, asalkan terdaftar di Kelurahan sebagai penerima manfaat.

Selain itu, Baznas Kota Makassar juga melakukan penyemprotan disinfektan guna memutus masa rantai penyebaran covid-19, baik itu di instansi-instansi, Masjid-Masjid, rumah-rumah penduduk.”Bahkan, kalau ada acara-acara di Kantor Urusan Agama (KUA), perkawinan, dan lainnya, kami senantiasa melakukan edukasi-edukasi terkait covid-19″, ujar Sekretaris Baznas Makassar ini.

“Jadi sekarang ini banyak mustahik, sedangkan orang yang mengeluarkan zakat, berkurang, akibat covid-19 ini”, kilahnya.

Antisipasi-antisipasi yang di lakukan oleh Baznas Makassar adalah, melakukan koordinasi-koordinasi kepada mitra-mitra kami, terkait bantuan yang akan mereka berikan untuk selanjutnya di salurkan kepada mustahik-mustahik.”Kalau mitra-mitra kami yang akan menyalurkan bantuan tersebut mereka akan kesulitan, tapi kalau Baznas yang salurkan cocok, karena kami sudah punya data-data mustahik tersebut, tambah H. Katjong.

Untuk itulah, kalau ada Instansi-instansi lembaga-lembaga ataupun perorangan yang mau memberikan sumbangan atau beramal, sebaiknya memberikan kepada Baznas untuk menyalurkan sumbangan tersebut.In Sha Allah pandemi covid-19 segera berlalu, sehingga kondisi perekonomian bisa normal kembali, dan orang-orang yang tadinya di rumahkan bisa kembali bekerja.

Baznas Kota Makassar senantiasa menghimbau masyarakat di Kota Makassar, untuk tetap taat dalam menjalankan protokol kesehatan, tutup Sekretaris Baznas Kota Makassar, H. Katjong Tahir, SH.

Penulis : Haedar Sudarman
Uploader : Ansar

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed