oleh

Sambut Maba ITB Kalla, Kepala LLDIKTI IX: Anda Berada di Tempat Terbaik*

Makassar – Lintaslima.com Institut Teknologi dan Bisnis Kalla (ITB Kalla) menggelar upacara Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB) untuk Mahasiswa Baru tahun akademik 2020/2021 pada Kamis (1/10).

Proses pembukaan dipusatkan di Atrium Nipah Mall Makassar. Dihadiri oleh Fatimah Kalla selaku ketua umum Yayasan Hadji Kalla, Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Rektor, Wakil Rektor dan Pimpinan Lembaga Institut Teknologi dan Bisnis Kalla

Secara virtual melalui aplikasi Zoom meeting turut bergabung Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan bersama Penasehat Kalla Group Dr. (HC). H.M. Jusuf Kalla.

Sebanyak 41 mahasiswa dari setiap program studi turut hadir didampingi oleh Orang Tua/Wali masing-masing.

Penyambutan secara resmi mahasiswa baru ini diawali dengan Laporan Rektor ITB Kalla, Syamril, S.T., M.Pd. dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, penyampaian orasi ilmiah oleh Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak H.M.Jusuf Kalla dan sambutan Kepala LLDIKTI IX, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si.

Dalam sambutannya, Prof. Jasruddin menyampaikan pentingnya mahasiswa mengenali era yang dihadapinya dewasa ini dengan meningkatkan kompetensi dan daya saing mereka.

“Pada abad 21 ini, kita terus bergerak menuju abad konseptual di mana yang dibutuhkan adalah kreativitas dan empati. Di samping mereka harus memiliki karakter kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, kepemimpinan dan manajemen kehidupan yang baik, jangan lupa kunci komunikasi yang terletak pada penguasaan IT dan Bahasa,” ungkap Jasrudin.

“Dengan track record Kalla Group selama ini, saya menjamin adik-adik mahasiswa ini telah berada di tempat yang tepat. Saya telah mengunjungi kampus terbaik dunia seperti Harvard University dan Yale University. Di Yale University, lingkungannya sangat mirip dengan ITB Kalla ini. Mahasiswa berada di sebuah kampus yang terhubung dengan unit-unit bisnis,” tuturnya.

Setelah menyampaikan sambutan, Jasruddin didaulat bersama Ibu Fatimah Kalla dan Pimpinan ITB Kalla untuk menyematkan jas almamater dan selempang kepada perwakilan mahasiswa secara simbolis. Dalam kesempatan itu Fatimah Kalla juga menyampaikan pesannya di hadapan mahasiswa baru angkatan kedua tersebut.

“Saat ini menjadi CEO tidaklah mudah, tidak sekedar bisnis namun juga bagaimana kita mampu memberikan dampak ke khalayak. Melalui ITB Kalla ini, teori dan praktik digabungkan. Semoga anak-anakku semua dapat melanjutkan semangat Hadji Kalla, Bapak JK maupun Fatimah Kalla,” ungkapnya, disambut dengan riuh tepuk tangan hadirin.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, Anhar J. Malik menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap sivitas akademika, mahasiswa dan para orang tua yang telah hadir meski dengan segala keterbatasan karena diselenggarakan di tengah pandemi.

“ITB Kalla tahun ini menyelenggarakan prosesi penyambutan yang sederhana dengan memadukan konsep offline-online, hal ini membuktikan bahwa kampus ini layak dan siap menjalankan proses akademik dan kemahasiswaan yang tetap sejalan dengan protokol Covid,” tuturnya.

“Di samping itu, prosesi ini menghadirkan para pembicara yang juga tersebar di beberapa tempat. Pak JK di Jakarta, Prof. Nurdin yang berada di Tana Toraja serta di hari kedua akan diisi oleh pembicara yang saat ini sementara di luar negeri. Dengan fasilitas yang kami miliki, ini menguatkan optimisme bahwa kita bisa melakukan inovasi yang lebih baik dengan perpaduan teknologi informasi,” imbuhnya.

Usai upacara penerimaan secara resmi, dilanjutkan dengan foto bersama. Rangkaian Kegiatan PMB dijadwalkan akan berlangsung hingga Jumat mendatang dengan agenda penerimaan materi terkait leadership, personal development dan pengenalan dunia kampus.

Citizen Reporter: Andi Tenripada

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed