oleh

Hadirkan Millenial Influencer, SMP Islam Athirah 1 Makassar Gelar Kelas Inspirasi

Makassar – SMP Islam Athirah 1 Makassar menggelar kegiatan “Kelas Inspirasi” secara virtual, Sabtu, (7/11/2020). Kegiatan itu digelar melalui aplikasi konferensi video Zoom Meeting. Sejumlah 275 partisipan mengikuti kegiatan yang menghadirkan Millenial Influencer Serly Annavita Rahmi, S.Sos., M.SIPh. itu sebagai pembicara.

Kegiatan yang mengusung tema “Mengembangkan Potensi Diri” tersebut masih merupakan rangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di SMP Islam Athirah 1 Makassar yang telah digelar sejak kemarin, Jumat (6/11/2020). Diketahui, LDK yang digelar pada hari sebelumnya diperuntukkan khusus bagi kelas VII, sementara kelas inspirasi, diperuntukkan bagi seluruh peserta didik SMP Islam Athirah 1 Makassar.

Ketua Panitia Firdayanti Firman, S.Pd. mengatakan, kelas inspirasi tersebut bertujuan memotivasi siswa untuk mengenali potensi diri mereka. Dari kegiatan tersebut, siswa akan mampu membuat target dan pengembangan dirinya masing-masing.

“Tentunya kegiatan ini bertujuan memotivasi siswa untuk mengenali potensi diri mereka sehingga mampu mengembangkannya,” tutur Evi.

“Mereka nantinya dapat membuat target untuk diri mereka kedepannya sehingga bisa lebih terarah dan juga membuka pikiran mereka untuk tidak selalu membandingkan dirinya dengan orang lain,” imbuh guru matematika ini.

Dalam kesempatan itu, Millenial Influencer Serly Annavita Rahmi S.Sos., M.SIPh mengawali materinya dengan membangun motivasi belajar partisipan. “Kalian ini adalah orang-orang yang akan mengisi spot-spot kosong nanti di masa teman-teman, bisa jadi pengalaman di generasi kita akan berbeda, tak akan menjadi masalah. Hal yang baik diambil dan hal baik ditinggalkan saja,” tuturnya.

Serly memaparkan, ada empat tipe manusia di dunia ini dalam mempersiapkan masa depannya. Ia tegaskan, kesempatan akan datang kepada mereka yang lebih awal mempersiapkan diri.

“Pertama adalah tipe pesimis. Tanyakan satu pertanyaan kepada manusia jenis ini tentang masa depan dan jawabannya selalu dimulai dengan kata Ah! Selalu mengerdilkan potensi yang ada pada dirinya .Kedua adalah tipe realistis dimana jawaban yang mereka akan keluarkan akan dimulai dengan ya sudahlah. Tipikal manusia jenis ini cenderung dibentuk oleh lingkungannya. Selalu mendengar narasi dari orang, bukan dia yang menciptakan narasi untuk didengarkan orang lain,” papar Serly.

“Tipikal yang ketiga adalah mereka yang optimis dan mereka akan menjawab pertanyaan selalu dari sudut pandang positif. Kemudian yang terakhir adalah tipikal orang progresif. Hanya mereka yang mampu menemukan celah dengan cara yang inovatif, kreatif tetapi tetap solutif untuk dirinya, serta orang-orang disekitarnya,” imbuhnya.

“Temukan versi terbaik dirimu di bidang teman-teman. Perubahan dari baik, lebih baik, terbaik dan terakhir excellent. Siapa yang siap, maka ia akan mendapatkan kesempatan. Jika hanya ada 100 orang yang menginginkan perubahan pastikan kita ada di dalam 100 orang itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar Nilamartini, S.Pd., M.M. berharap kegiatan tersebut mampu mengubah pola pikir siswa, terutama dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan mereka.

“Harapannya semoga anak-anak (dapat) mengenali potensinya, jiwa leadership muncul dan berkembang, banyak hal yang bisa menginspirasi mereka untuk menjadi lebih baik,” ucapnya.

Citizen Reporter: Musyorafah

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed