oleh

BERBAKTI, PEDULI DAN BERKARYA UNTUK NEGERI DALAM EXPO PRODUK PKBM TAHUN 2021

-SULSEL-306 views

Jeneponto – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se-Kabupaten Jeneponto laksanakan suatu kegiatan yang dikemas dalam Expo Produk PKBM tahun 2021 di gedung Sipitangarri Kel. Empoang Kec. Binamu Kab. Jeneponto, Rabu, 27 Januari 2021.

Sebagai Satuan Pendidikan Non Formal PKBM yang berjumlah 15 Lembaga, 14 SNF swasta yaitu PKBM Bukit Cemara Rumbia, Resky Kelara, Ar Rahman Turatea, Bina Bori Binamu, Julu Atia Arungkeke, Bungung Salapang Tarowang, Arham Tamalatea, Birta Ria Tamalatea, Pondok Inovasi Tamalatea, Almaidah Bontoramba, Baitullah Bontoramba, Reski Abadi Bontoramba, Baji Pamae Bontoramba, Mappakasunggu Bangkala Barat dan 1 SNF Negeri yaitu Sanggar Kegiatan Belajar Tamalatea.

PKBM sebagai SNF dengan fokus layanan pada Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan C bagi yg putus sekolah dan Pendidikan Keaksaraan yaitu Keaksaraan Dasar (KD) dan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM), maka untuk tahun 2020 ini sesuai dengan arahan dan petunjuk bapak Kadis Dikbud serta Kabid Paud Dikmas maka disepakati dalam rapat dengan para Pengelola PKBM untuk mengadakan suatu perhelatan Akbar yang dikemas dalam EXPO PRODUK PKBM se-KAB. JENEPONTO.

Salah satu tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan panggung bagi seluruh PKBM untuk mendemokan produk hasil karya Peserta Didik program Pendidikan Keaksaraan Dasar (KD) dan Program Pendidikan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) yang selain diberikan layanan untuk tuntas baca tulis juga dibekali dengan Keterampilan yang diikhtiarkan dapat menjadi penghasilan tambahan bagi Pesdik Binaan PKBM.

Kasi Dikmas selaku ketua panitia dalam laporannya juga mengatakan bahwa para pengelola PKBM menampilkan produknya dengan berpijak pada kebutuhan lokal atau mengacu pada kearifan lokal yang menjadi ciri khas Butta Turatea, diantaranya ditampilkannya hasil produk berupa Abon Kuda oleh PKBM Bukit Cemara Rumbia, Selei dari buah Lontar oleh PKBM Bina Bori, Keripik dari Rumput Laut oleh PKBM Julu Atia serta Keripik Kelapa Muda oleh PKBM Bungung Salapang serta masih banyak lagi produk lainnya dari PKBM yang ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Bapak Kadis Dikbud dalam sambutannya selain optimismenya dalam pemberantasan buta aksara melalui PKBM juga berharap adanya suatu galeri tersendiri khusus untuk menampilkan hasil produk PKBM, kegiatan ini pula dikatakannya sebagai kado bagi bapak Bupati di akhir masa jabatannya untuk menuntaskan Buta Aksara di Bumi Turatea. Sedangkan Bapak Bupati dalam sambutannya selain berterima kasih kepada Kadis Dikbud juga memberi apresiasi kepada para pengelola PKBM yang hingga saat ini tetap komitmen dalam memberikan layanan program kepada masyarakat putus sekolah, di akhir sambutannya bapak Bupati berpesan agar tetap menjaga kualitas layanan sehingga output yang dihasilkan semakin maksimal pula.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPD Forum Komunikasi PKBM Kabupaten Jeneponto Salihuddin, S.Ag juga berharap semoga dengan EXPO PRODUK PKBM ini dapat memassifkan layanan keterampilan kepada Peserta Didik bukan hanya kepada layanan KD dan KUM tapi berlaku pula untuk pemberian Keterampilan Fungsional bagi Pesdik Kesetaraan, harapannya juga pada perkembangan selanjutnya PKBM memiliki akses untuk mempercepat perizinan baik terkait labelisasi halal maupun SNInya.

( Sapar ).*

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed