by

Penyerahan Santunan BPJAMSOSTEK Oleh Bupati Bulukumba

BULUKUMBA – Lintaslima.com Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf, Selasa (25/02/2021), menyerahkan santunan jaminan kematian dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) kepada dua ahli waris tenaga kerja peserta BPJAMSOSTEK yang telah meninggal dunia. Santunan itu diserahkan di PPI Bonto Bahari dalam kegiatan Pencanangan 1000 rumpon yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bulukumba dalam rangka 100 hari kinerja Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba.

Santunan dari BPJAMSOSTEK itu diantaranya diberikan kepada ahli waris almarhum Nasiruddin dan Abdul Haris, nelayan di Sapulohe Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba masing masing sebesar Rp 42 juta.
Bantuan tersebut antara lain merupakan santunan kematian, santunan berkala dan biaya pemakaman.

Bupati Bulukumba, berharap bantuan yang diberikan oleh BPJamsostek itu dapat bermanfaat dan meringankan beban keluarga almarhum. Ia juga mengapresiasi kehadiran lembaga tersebut yang memberikan jaminan bagi tenaga kerja dalam menjalankan aktivitas kerjanya.

Dalam kesempatan yang sama, juga diserahkan Sertifikat tanda kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan 2 kelompok usaha di kecamatan Bonto Bahari yang telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupten Bulukumba, Alfian Andi Mallihungan menyampaikan bahwa BPJS Ketenagakerjaan merupakan lembaga negara yang sangat penting bagi masyarakat. Karena itu, pihaknya siap menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan demi mewujudkan perlindungan kerja utamanya bagi masyarakat nelayan Bulukumba.
 
“Yang pasti kami memberikan dukungan dan akan kita upayakan untuk melibatkan BPJS Ketenagakerjaan dalam kegiatan Dinas Perikanan,”jawab Alfian.
 
Sebelumnya, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bulukumba, Muliyati Nasrun, mengatakan, keberadaan BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK tersebut merupakan wujud kehadiran negara untuk memberikan jaminan perlindungan bagi warganya yang bekerja. Baik yang bekerja di sektor formal maupun informal khususnya dalam hal ini nelayan.
 
“Termasuk juga pedagang dan nelayan, mereka juga wajib menjadi peserta BPJAMSOSTEK,”kata Muliyati.
 
Oleh sebab itu, dalam kesempatan tersebut, Muliyati berharap Bupati Bulukumba dapat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan, agar setiap masyarakat Bulukumba yang bekerja dapat didaftarkan maupun mendaftarkan dirinya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
 
Muliyati juga berharap dukungan Bupati Bulukumba itu dapat diwujudkan melalui Peraturan Bupati, agar setiap pekerja mandiri dan instansi pemerintahan maupun badan usaha di Bulukumba dapat mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
 
“Dengan demikian, setiap masyarakat Bulukumba yang bekerja bisa mendapatkan jaminan perlindungan sosialnya,”kata Muliyati.
 
Agar program tersebut berjalan, Mulya mengaku tidak henti-hentinya menggencarkan edukasi dan sosialisasi terkait manfaat dan keberadaan BPJS Ketenagakerjaan. Dalam pertemuan tersebut, Bupati Bulukumba didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bulukumba.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *