by

Respon Cepat Aduan Masyarakat, Tim Terpadu Penertiban Tambang Liar Kab. Gowa Datangi TKP

Gowa – Lintaslima.com Tim Terpadu Penertiban Tambang Liar Kabupaten Gowa meninjau lokasi pertanian (sawah) milik warga Kec. Manuju di Dusun Mampu Desa Manuju Kec. Manuju Kab. Gowa, Kamis (10/6/2021) pukul 14.20 Wita

Peninjauan dilakukan terkait pengaduan lelaki Fajar sebagai pemilik lahan yang menjelaskan bahwa Irigasi yang selama ini menyuplai air ke lahan mereka tidak lagi mengaliri lahan pertanian (sawah) yang diakibatkan adanya penambangan di sungai Je’neberang.

Atas pengaduan tersebut, selanjutnya Tim terpadu yang dipimpin Wakil Bupati Gowa H. Abd. Rauf Malaganni,
didampingi Wakapolres Gowa, Kompol Soma Miharja dan pejabat terkait lainnya bersama pemilik lahan mendatangi lokasi.

Saat dilakukan peninjauan tidak ditemukan adanya kerusakan saluran irigasi seperti yang diadukan. H

“Memang saat itu pihak pemilik lahan melihat ada kerusakan pada saluran irigasi yang mengakibatkan lahan pertanian atau sawah miliknya tidak mendapat suplai air, namun pemilik tambang langsung menindaklanjuti dengan melakukan perbaikan,” jelas Wakapolres Gowa Kompol Soma Miharja mewakili koordinator tim terpadu.

Pemilik tambang lelaki Lel. Amran Karaeng Ngila membenarkan hal itu, namun ia juga menambahkan akan bertanggung jawab untuk memperbaiki jika kembali ada kerusakan di saluran irigasi akibat adanya penambangan miliknya.

Wakapolres Gowa saat di dimintai keterangan pasca dilakukannya peninjauan lokasi tambang oleh tim terpadu mengatakan,”benar hari ini kami dari tim terpadu telah melakukan peninjauan ke lokasi yang diadukan dan kedatangan kami sebagai bentuk respon cepat untuk mengantisipasi terjadinya konflik di lokasi tersebut,” pungkas Kompol Soma Miharja. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *