by

Cegah Tindakan Main Hakim Sendiri, Polisi di Gowa Selesaikan Masalah Dengan Problem Solving

Gowa – Lintaslima.com Untuk mencegah terjadinya tindakan main hakim sendiri bhabinkamtibmas kelurahan Katangka Bripka M. Arafah melakukan mediasi / problem Solving, Kamis (17 Juni 2021) pukul 20.30 Wita.

Permasalahan yang dihadapi warga berawal pada Kamis 17 Juni 2021 pukul 12.00 WITA seorang anak berinisial ND (10) melaporkan adanya dugaan penghinaan yang diduga dilakukan oleh Per IP (30) kepada ibunya berinisial SB (36).

Mendengar pangaduan sang anak lalu Per SB mendatangi terduga pelaku kemudian marah marah dan terjadi adu mulut.

Karena tidak puas lalu Per SB kembali menemui terduga pelaku membawa sebilah parang pada pukul 17.30 wita dan melakukan pengancaman dan kejadian tersebut dilihat oleh saudara laki-laki dari Per SB dan Per IP berinisial Lel JD, jelas Kasubag Humas Polres Gowa AKP. M. Tambunan.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selanjutnya Lel JD memanggil Bhabinkamtibmas dan pemerintah setempat kemudian dilakukan mediasi atau problem solving dan dibuatkan surat pernyataan damai.

Dalam problem solving tersebut sang bhabinkamtibmas memberikan wejangan kepada kedua belah pihak agar belajar untuk tidak menerima informasi yang belum pasti kebenarannya dan menghimbau untuk tidak melakukan tindakan main hakim sendiri.

Pasca diberikan wejangan selanjutnya Lel JD mengucapkan terima kasih kepada bhabinkamtibmas dan pemerintah setempat serta berjanji akan kembali mempertemukan Per SB dan Per IP dengan orang tua agar permasalahan tersebut tidak kembali terjadi.

Terkait kejadian tersebut Bhabinkamtibmas menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak menyelesaikan masalah dengan emosi dan tidak bertindak main hakim sendiri karena akan menyulut berbagai permasalahan baru.

Terpisah Kapolres Gowa saat dikonfirmasi mengatakan,” disetiap Desa ada personil Bhabinkamtibmas Polres Gowa dan saya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya warga kabupaten Gowa untuk tidak mudah terpancing dengan berbagai isu yang belum jelas kebenarannya dan bila ada permasalahan yang dihadapi segera menghubungi bhabinkamtibmas di Desa masing-masing untuk dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapi,” terang AKBP. Tri Goffarudin SIK., MH. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *