by

Pos Kamling Binaan Polsek Kelara Terpilih Mewakili Lomba Tingkat Polres Jeneponto.

Jeneponto. Lintas Lima. Com
Dalam rangka mengoptimalkan fungsi sistem keamanan lingkungan ( Siskamling ). Tiga Pilar Kamtibmas Desa Bontomanai Kec. Rumbia Kab Jeneponto bersinergi.

Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tertib dan tentram di lingkungan masing – masing seperti yang tertuang dalam Peraturan Kapolri Nomor 23 tahun 2007 tentang penyelenggaraan Sistem Keamanan Lingkungan ( Siskamling ).

Sehingga Polsek Kelara
memilih Pos Kamling Samaturu yang berlokasi di Dusun Pattiro Desa Bontomanai Kec. Rumbia Kab. Jeneponto sebagai Perwakilan Pos Kamling untuk mengikuti lomba tingkat Polres Jeneponto.

Kasub. Humas Polres Jeneponto, AKP Syahrul, SH mengatakan Kapolsek Kelara Iptu Bakri, S.Sos.,MM bersama Personil lainnya menyambut kunjungan Tim Penilai dari Sat. Binmas Polres Jeneponto bersama Ketua Tim Kasat Binmas AKP. Syahrul, SH yang didampingi Personil Sat Binmas.

Perlombaan ini digelar dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-75 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2021 mendatang.

Dan dalam giat tersebut Ketua Tim memberikan semangat kepada warga dalam melaksanakan kegiatan siskamling agar melaksanakan dengan penuh tanggung jawab serta keihklasan karena diberikan amanah untuk memelihara kamtibmas dan menyampaikan tugas fungsi Pos Kamling.

Selain hal tersebut, Ketua Tim juga menyampaikan beberapa kriteria perlombaan seperti kesiapsiagaan petugas pos kamling serta kelengkapan peralatannya seperti kentongan, tongkat, senter, kotak P3K, jam dinding, borgol, tabung pemadam kebakaran, sumpritan, jas hujan, dll hingga petugas ronda diuji dengan cara membunyikan kentongan jika berada di situasi emergency seperti kebakaran, pencurian dan lain sebagainya.” Ucap AKP Syahrul.

Pos kamling Samaturu adalah binaan Polsek Kelara yang terpilih mengikuti lomba karena selama ini dinilai mampu memelihara kamtibmas dengan baik.

Hal ini terbukti selama kurun waktu dari Januari hingga Juni 2021 kasus kejahatan seperti pencurian tidak pernah terjadi di Dusun Pattiro.

“Pos kamling Samaturu sangat berperan dalam menciptakan kamtibmas kondusif, pencurian tidak pernah terjadi di Dusun Pattiro selama kurun waktu Januari hingga Juni 2021, ini berkat kerjasama seluruh komponen masyarakat. Ungkap Kepala Desa Bontomanai H. Abd. Rasyid.

“Saya berharap dusun lainnya juga seperti itu demi terciptanya kamtibmas yang kondusif karena sejatinya siskamling itu dari warga, untuk warga dan oleh warga” tambah Rasyid.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Camat Rumbia Abd. Rajab, S.Pi., Wakapolsek Kelara Iptu Sukhardi, SH., Kepala Desa Bontomanai H. Abd. Rasyid., Kanit Sabhara Ipda Muh. Kasim., Bhabinkamtibmas Desa Bontomanai Bripka Sufirman., Babinsa Desa Bontomanai Kopda Sulaiman., Tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat dan Para perangkat Desa Bontomanai.

Dan ditempat yang sama, Kapolsek Kelara IPTU Bakri, S.Sos.,MM berharap setiap Dusun agar dioptimalkan siskamlingnya karena banyak manfaat yang diperoleh dari siskamling tersebut salah satunya dapat menekan angka kejahatan di malam hari. ” Harapnya.

(Humas Polsek Kelara)

( Sapar ).*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *