by

IZI Sulsel Berbagi Paket Logistik Untuk Korban Banjir Bandang di Jeneponto

Jeneponto – Lintaslima.com Pasca banjir bandang yang menimpah Kabupaten Jeneponto, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sulawesi Selatan (Sulsel) menurunkan tim untuk menyalurkan paket logistik.

Koordinator Lapangan Team Respon Cepat IZI Sulsel, Muhammad Ichsan mengatakan, sebanyak 25 paket sembako serta 50 paket makanan siap saji telah disalurkan pada Sabtu, 10 Juli 2021.

Ichsan menjelaskan paket tersebut telah dibagikan di Dusun Tanakeke Desa Tarowang dan Dusun Simpang Desa Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto.

“Banjir bandang mengakibatkan 10 unit rumah hanyut, 16 unit rumah rusak parah karena tidak bisa lagi digunakan serta puluhan rumah yang mengalami rusak ringan dan sedang. Saat ini, warga sangat membutuhkan sembako, air bersih, alat dapur, tikar dan selimut,” ujarnya, Ahad (11/7/2021).

Team Respon Cepat IZI Sulsel ketika mendapatkan informasi banjir bandang Jeneponto, segera melakukan assessment melalui stackholder terdekat guna memastikan kebenaran informasi terkait bencana yang terjadi pada hari Kamis 8 Juli 2021.

“Setelah melakukan assessment, Team Respon Cepat IZI melakukan persiapan pada hari Jum’at 9 Juli 2021 agar bisa ke lokasi pada hari Sabtu untuk merespon masa darurat,” ujar Ichsan.

Kepala Desa Tarowang, Syafaruddin, mengucapkan terima kasih atas respin cepat yang dilakukan IZI.

“Terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan,” katanya.

Sementara itu, warga terdampak bencana, Syamsiah menceritakan kronologi musibah yang membuat ia harus menaiki atap rumahnya pada pukul 01.00 dini hari.

“Kami baru turun sekitar jam enam pagi ketika air sudah sampai di pinggang orang dewasa,” paparnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *