by

GAGASAN PERUBAHAN INTEGRASI PEMBINAAN KEWIRAUSAHAAN PEMUDA DI KABUPATEN JENEPONTO

Lintaslima.com Jeneponto. Dinas Kepemudaan dan Olahraga (DISPORA) Kabupaten Jeneponto merupakan Perangkat Daerah yang baru dibentuk pada akhir tahun 2016 dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Jeneponto. Salah satu target kinerja yang ingin dicapai adalah penguatan institusi sebagai lembaga pemerintah yang melakukan pembangunan daerah dalam Bidang Kepemudaan dan Olahraga.

Untuk itu, pada konferensi pers (Kamis, 09/09/2021) secara tatap muka di Ruang Kerja DISPORA, Kepala Dinas (Kadis) H. Nur Alim Basir menjelaskan, bahwa proyek perubahan ini sementara dilakukan kajian pengembangan potensi kewirausahaan pemuda dengan mengangkat topik/judul yakni: ‘’NIMINASA’’; Integrasi Pembinaan Kewirausahan Pemuda di Kabupaten Jeneponto.

Secara etimologi, “NIMINASA’’ mengandung makna filosofis yang merupakan Bahasa Makassar, berarti; ‘’HARAPAN’’, sebagai bentuk penekanan, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Jeneponto menghendaki para pemuda saat ini menjadi pemimpin masa depan.

Kata ’’NIMINASA’’ sangat familiar dalam percakapan sehari-hari penduduk Jeneponto sebagai bagian dari Bahasa Kearifan Lokal. Kata ini juga menjadi simbol motivasi dan sugesti bagi setiap pemuda untuk membangun etos dan semangat kerja.

Adapun yang dimaksud dengan Integrasi Pembinaan Kewirausahaan Pemuda pada judul ini adalah: Sebuah gagasan kolaborasi dukungan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap pembinaan pemuda usia: 16-30 tahun yang sedang merintis dan mengembangkan usahanya.

Ketersediaan dukungan Program Pembinaan Kepemudaan secara terintegrasi di beberapa OPD dapat menjadi motivasi bagi pemuda untuk dapat lebih kreatif dalam mengembangkan usahanya sehingga menjadi wirausaha muda yang mandiri dan mapan di masa yang akan datang.

Adapum OPD terkait adalah: DISPORA melalui Program Kewirausahaan Pemuda, Dinas Ketenaga Kerjaan (DISNAKER) melalui Program Pelatihan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Program Pembinaan UMKM, Dinas Pariwisata melalui Program Promosi Usaha dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian melalui Program Mutu Produk.

Pada Closing Statement, Kepala DISPORA mengapresiasi kerja sama lintas OPD.
“Dalam mewujudkan gagasan perubahan NIMINASA tidak cukup bila hanya ditopang sepenuhnya oleh DISPORA. Dengan demikian, Interconnection Collaborative lintas OPD sangat dibutuhkan. Terima kasih kepada para pimpinan OPD terkait atas kerjasamanya yang baik”, tutup H. Nur Alim Basir.

( Sapar )*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *