by

Upaya Antisipasi PMK. Bhabinkamtibmas Kontrol Kondisi Kandang Ternak

Jeneponto. Lintaslima. Com. Dalam rangka mengantisipasi bahaya Penyakit Mulut dan Kuku, Bhabinkamtibmas Kelurahan Panaikang mengontrol kondisi kandang hewan ternak di wilayah binaan, Minggu 31 Juli 2022.

Dalam mengantisipasi berkembangnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah binaannya, Bhabinkamtibmas Kelurahan Panaikang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto AIPTU Ibrahim melaksanakan kegiatan patroli dan sambang ke beberapa warga yang memiliki hewan ternak Kerbau dan Sapi.

Tugas sebagai seorang Bhabinkamtibmas adalah menyampaikan berbagai informasi atau himbauan kamtibmas serta membantu Pemerintah dalam hal sosialisasi isu/berita tentang merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak Sapi, Kerbau dan Kambing yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia termasuk Kabupaten Jeneponto.

Dengan hal tersebut, AIPTU Ibrahim menyambangi warga binaanya yang memiliki hewan ternak kerbau dan sapi dan menyampaikan tentang adanya Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak yang disebut Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta menyampaikannya agar pemilik memperhatikan dan melihat gejala seperti cairan atau luka yang terdapat pada lidah, gusi, hidung dan teracak/kuku dan tidak mampu berjalan (pincang) serta keluar air liur yang berlebihan dan hilang nafsu makan pada hewan ternak dan kebersihan kandang ternak wajib diperhatikan guna untuk meminimalisir merebaknya virus PMK.

“Kami menjalankan perintah dari pimpinan dalam memantau perkembangan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak serta terus mensosialisasikan kepada masyarakat akan bahaya PMK termasuk kami akan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan jika di temukan ada kasus PMK di wilayah binaan,termasuk jika di temukan kasus PMK untuk tidak duli meperjualbelikan ternak. ” Ucap AIPTU Ibrahim.

( Sapar ).*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *