by

Tekan Penyebaran PMK Pada Hewan, Bhabinkamtibmas Aktif Lakukan Sosialisasi Ke Pemilik Ternak

Bhabinkamtibmas Desa Bontomanai lakukan sosialisasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kepada masyarakat pemilik ternak di Desa Bontomanai Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto, Selasa 2 Agustus 2022.

Bhabinkamtibmas Desa Bontomanai AIPDA Irwan Abbas menjalani tugas rutinitasnya sebagai bhabinkamtibmas untuk melaksanakan kegiatan patroli dan sambang di wilayah binaan. Kegiatan ini nampak saat melakukan silaturahmi danĀ  mendatangi pemilik ternak yang sedang mengembala hewan ternaknya di area anah lapang untuk melakukan pendekatan secara humanis terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang mewabah dan menjadi perhatian Pemerintah.

Dalam pendekatan humanisnya, Bhabinkamtibmas AIPDA Irwan mengingatkan kepada masyarakat pemilik ternak untuk melaporkan ke instansi terkait dalam hal ini satgas PMK bilamana menemukan ciri-ciri pada hewan ternak yang dipelihara mengeluarkan lendir dihidung atau di mulut yang berlebihan agar sedapat mungkin melaporkan hal tersebut untuk segera dilakukan pengobatan oleh tim Dokter untuk mencegah tidak tertularnya Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK  ) kepada hewan yang lain.
” Diharapkan kepada pemilik ternak yang menemukan ciri-ciri tersebut di atas untuk segera berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan instansi terkait untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan juga memperhatikan kebersihan kandang dan sekitarnya.

Dan sebagai seorang Bhabinkamtibmas yang bersentuhan langsung kepada masyarakat agar menyampaikan berbagai informasi ataupun kabar tentang isu-isu nasional terkait mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang menyerang hewan ternak dan jika ditemukan maka segera melaporkan ke instansi terkait. ” Ucap AIPDA Irwan.

( Sapar ).*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *