by

Merebahnya PMK, Bhabinkamtibmas Wajibkan Peternak Perhatikan Kandang Dan Hewan Peliharaan

Jeneponto. Lintaslima. Com. Dalam rangka mencegah bahaya Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK), Bhabinkamtibmas Desa Kalumpang Lompoa lakukan sosialisasi kepada warga binaan di Desa Kalumpang Loe Kec. Arungkeke Kab. Jeneponto, Sabtu 6 Agustus 2022.

Bhabinkamtibmas Desa Kalumpang Lompoa Kecamatan Arungkeke Bripka Rustam Sijaya melaksanakan patroli dan sambang untuk mensosialisasikan Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) kepada beberapa warga yang memiliki hewan peliharaan dan juga kebersihan kandangnya. Selain melakukan kegiatan sosialisasi yang disebut PMK namun sebagai seorang bhabinkamtibmas juga bertugas menyampaikan berbagai informasi atau himbauan kamtibmas termasuk membantu pemerintah mensosialisasikan isu/berita yang sedang merebak Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak seperti Sapi, Kerbau dan Kambing yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia termasuk Kabupaten Jeneponto.

Oleh karena itu, Bripka Rustam Sijaya tidak tinggal diam mendapatkan informasi terkait PMK sehingga menyambangi warga Desa binaan terkhusus warga binaan yang memiliki hewan peliharaan seperti Sapi, Kerbau dan Kambing untuk menyampaikan kewaspadaan terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) agar pemilik memperhatikan dan melihat kondisi hewan peliharaan jika cairan atau luka yang terdapat pada lidah, gusi, hidung dan teracak/kuku pada hewan beserta tidak mampu berjalan (pincang) serta keluarnya air liur yang berlebihan dan juga hilang nafsu makan pada hewan ternak dan kebersihan kandang ternak wajib diperhatikan dalam hal ini meminimalisir merebaknya PMK.

“Setiap saat kami menempatkan diri dekat dengan warga, selain berpatroli juga kami menyampaikan sosialisasi tentang perhatian pemerintah seperti salah satu isu merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK). Dan juga kami mengingatkan warga untuk menjaga kebersihan kandang ternak dan melaporkan ke unsur terkait jika menemukan PMK di wilayah binaan. ” Ujar Bripka Rustam.

( Sapar ).*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.