by

Bangun Sinergitas, Petugas Pos Pelabuhan Lakukan Antisipasi Penyebaran PMK

Jeneponto. Lintaslima. Com. Dalam rangka meminimalisir perkembangan wabah Penyakit Mulut Dan Kuku ( PMK ) untuk wilayah Kabupaten Jeneponto, Instansi terkait yang bertugas di Pelabuhan Bungeng seperti kepolisian, TNI, Syahbandar dan Balai Karantina hewan rutin dan teliti dan bahu membahu untuk mengecek alur masuknya hewan-hewan ternak dari luar Kabupaten Jeneponto, Kamis,15 September 2022.

Seperti yang terlihat di Pelabuhan Bungeng Desa Bungeng Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto yang melaksanakan Pemeriksaan Muatan pada sebuah Kapal yang bernama KM selvijaya milik Saudara radit di Kampung Katomara Kel. Bontoraya Kec. Batang yang sedang disandar di Pelabuhan Bungeng dari pelabuhan Waengapu Prov. NTT.

Tim posko satgas terpadu Kabupaten Jeneponto melaksanakan pemeriksaan/testing terhadap muatan KM selvijaya yang bermuatan 79 (tujuh puluh) ekor kuda.

Kegiatan pemeriksaan dan testing yang dilaksanakan oleh tim posko terpadu PMK kabupaten jeneponto sebagai upaya mendukung program pemerintah kabupaten jeneponto tentang mitigasi bencana hewan ternak potong yang rentan terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK) serta memutus dan menekan laju penyebaran virus penyakit hewan.

“Kami secara rutin turut memantau dan mengawasi masuknya hewan ternak dari luar kabupaten jeneponto melalui jalur laut yakni di pelabuhan bungeng,langkah tersebut kami lakukan sebagai upaya menekan dan meminimalisir penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) masuk ke kabupaten jeneponto,” Ujar Kapolsek Batang

Kegiatan pemeriksaan dan pengawasan di posko terpadu pelabuhan Bungeng Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto, mengikut sertakan instansi terkait lainnya dalam penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) Kabupaten Jeneponto, dan juga dilaksanakan oleh beberapa tahap untuk mengantisipasi pencegahan seperti hewan yang baru datang di karangtina dan dilakukan penyemprotan disinfektan pada hewan,”Tutup IPTU Yasiruddin.

( Sapar ).*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.