by

Wakili Kapolres Jeneponto, Kasat Reskim Hadiri Sosialisasi Netralisasi ASN, TNI dan Polri

Jeneponto. Lintaslima. Com. Kasat Resrim Polres Jeneponto mewakili Kapolres dalam rangka untuk menghadiri sosialisasi Netralisasi ASN,TNI dan Polri di Aula As Syifa Kantor Dinas Kesehatan Kab. Jeneponto di Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, Rabu 28 September 2022.

Kegiatan sosialisasi netralisasi ASN,TNI dan POLRI diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Jeneponto yang di Ketua oleh Bawaslu Kabupaten Jeneponto Saiful, SH yang sekaligus sebagai Devisi Hukum Penindakan dan Penegakan Pelanggaran dengan Narasumbernya adalah Mantan Ketua Bawaslu Republik Indonesia Periode 2012-2017 Bapak Dr Muhammad, S,IP.,M.Si.

Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan sebagai bentuk dan fungsi Bawaslu dalam rangka menjelaskan Posisi Aparatur Sipil Negara (ASN),TNI dan Polri untuk Netral dalam pesta Demokrasi di Indonesia. Dengan agenda acara Menyanyikan Lagu Wajib Nasional, Pembacaan Do’a dan Laporan Pelaksana Kegiatan. Dan dihadiri oleh Bupati Jeneponto, Drs. H. Ikhsan Iskandar, M.Si., Sekda Kab. Jeneponto, Arifin Nur, SH.,MH., Kasat Reskrim Polres Jeneponto mewakili Kapolres, IPTU Nasaruddin, SH.,Mewakili Dandim 1425 Jeneponto, Mayor Inf. Setiyadi P, S.Sos., Kejari Jeneponto, Susanto Gani, SH.,Kasat Intelkam Polres Jeneponto, IPTU Syarifuddin, S.Sos.,Mewakili Ka. Rutan Kelas IIB Jeneponto, Muhammad Anis., Mewakili Ketua KPUD Jeneponto, Safaruddin.,Para Kepala OPD Kab. Jeneponto.,Para Kapolsek.,Para Danramil dan Para tamu undangan / peserta lainnya dengan jumlah kurang lebih 100 (seratus) orang.

Dalam sambutan Ketua Bawaslu Kab. Jeneponto, Saiful, SH menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Jeneponto Drs. H. Ikhsan Iskandar, M.Si yang selalu menyempatkan diri untuk datang setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kab. Jeneponto. Dia juga mengatakan jika kegiatan seperti ini dilaksanakan bertanda tahapan Pemilu sudah dimulai dan meskipun kegiatannya akan dilaksanakan pada tahun 2024 namun tahapan di mulai pada tahun ini. Dan saat ini sudah mulai terbuka pendaftaran Partai Politik dan juga Bawaslu saat ini telah memasuki tahap pembentukan Panwaslu Kecamatan dan peminatnya cukup banyak yaitu telah tercatat 276 peserta yang telah mengembalikan berkas padahal pada pemilu sebelumnya kurang peminatnya.

Dalam pemilu, Kabupaten Jeneponto merupakan Kabupaten paling tinggi pelanggaran netralitas / disiplin ASN. Oleh karena itu, diajak agar menjaga netralitas. Kenapa TNI dan Polri dihadirkan karena tidak memiliki hak memilih tapi meskipun tidak memiliki hak memilih namun bukan berarti tidak bisa memihak. Olehnya itu, mari hadirkan Pemilu yang berkualitas di Kab. Jeneponto. ” Ucapnya.

Sementara itu, sambutan Bupati Jeneponto Drs. H. Iksan Iskandar, M.Si yang sekaligus membuka kegiatan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Bawaslu Kab. Jeneponto atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini agar semua memiliki persepsi yang sama tentang pelanggaran – pelanggaran ASN dalam pemilu. Dan pelanggaran tersebut sangat mensupport kepada Ketua Bawaslu atas ketegasaanya selama ini yang tidak pandang bulu dalam melaksanakan tugasnya serta meminta kepada seluruh peserta agar betul-betul memperjelas dan menyamakan persepsi terkait pelanggaran – pelanggaran yang perlu dihindari dalam kegiatan pemilu. Dan diakhir sambutannya Bupati Jeneponto menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dan ucapan terimkasih untuk Kadis Kesehatan karena telah memfasilitasi kegiatan ini. ” Tuturnya.

Setelah Penandatanganan papan Ikrar Netralitas Aparatur Sipil Negara, TNI dan Polri pada pemilu tahun 2024 dilanjutkan dengan pemaparan oleh Narasumber.

( Sapar ).*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *