by

Ada Apa Polres Gowa Kibarkan Bendera Setengah Tiang di 30 September!

Gowa – Lintaslima.com Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020, bendera Merah Putih sejak pukul 06.00 Wita pada Jumat (30/09/2022) pagi telah dinaikkan dan dikibarkan setengah tiang di halaman Mako polres Gowa.

Pengibaran bendera setengah tiang ini tidak hanya dilakukan di Polres Gowa tapi diikuti oleh seluruh Polsek jajaran.

Kapolres Gowa AKBP Tri Goffarudin P, S.I.K., MH mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang pada tanggal 30 September ini sebagai bentuk berkabung dan esok tepat tanggal 1 Oktober kita kembali memperingati hari yang sangat krusial bagi terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara di Republik Indonesia.

“Mungkin kini banyak yang lupa atau bahkan melupakan hari Kesaktian Pancasila, sebab seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, kita pun seakan terbius untuk melupakan sejarah yang sangat penting sebagai wujud terbentuknya dasar negara Indonesia,” ujarnya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini berakar pada sebuah peristiwa tanggal 30 September 1965. Maka, tanggal 30 September diperingati sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila dalam sejarah Republik Indonesia.

Pancasila mengandung berbagai makna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu diantaranya yaitu makna kemanusiaan mengandung makna bahwa negara harus menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang beradab, selain terkait juga dengan nilai-nilai moralitas dalam kehidupan bernegara.

“Kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung nilai suatu kesadaran sikap moral dan tingkah laku manusia yang didasarkan pada potensi budi nurani manusia dalam hubungan norma-norma baik terhadap diri sendiri, sesama manusia, maupun terhadap lingkungannya,” beber Kapolres Gowa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *