oleh

Holding Company Gowa Mandiri Di Tuntut Transparansi



Lintaslima.com Lembaga Poros Rakyat Indonesia.
Gowa, Sulawesi Selatan, 13. November. 2023. Perusda Kabupaten adalah singkatan dari Perusahaan Daerah Kabupaten.

Perusda Kabupaten adalah badan usaha milik daerah yang beroperasi di tingkat kabupaten.
Fungsi utama Perusda Kabupaten adalah untuk mengelola dan mengembangkan sektor-sektor ekonomi yang menjadi potensi daerah.

Tujuan utama dari Perusda Kabupaten antara lain:

1. Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD): Perusda Kabupaten bertujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui kegiatan usaha yang menguntungkan. Dengan meningkatnya PAD, pemerintah daerah dapat membiayai pembangunan dan pelayanan publik yang lebih baik.

2. Pengembangan Potensi Daerah: Perusda Kabupaten bertujuan untuk mengembangkan potensi daerah dalam berbagai sektor ekonomi, seperti pertanian, perikanan, industri, pariwisata, dan lain-lain. Hal ini dilakukan dengan mengelola sumber daya alam dan manusia yang ada di daerah tersebut.

3. Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat: Perusda Kabupaten bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

4. Mendukung Pembangunan Infrastruktur: Perusda Kabupaten dapat berperan dalam mendukung pembangunan infrastruktur di daerah. Misalnya, melalui pengelolaan dan pengembangan aset daerah, seperti pembangunan jalan, gedung, dan sarana publik lainnya.

5. Meningkatkan Pelayanan Publik: Perusda Kabupaten juga dapat berperan dalam meningkatkan pelayanan publik, seperti penyediaan air bersih, pengelolaan sampah, dan penyediaan energi listrik.
Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Dari apa yang menjadi rujukan dan melihat potensi kegiatan perusda Mandiri Kabupaten Gowa, sangat jauh dari implementasi selama ini. HUMAS
Lembaga Poros Rakyat Indonesia memandang perlu mengkaji segala bentuk progres dan kebijakan yang ada dalam proses kegiatan Perusda Mandiri Kabupaten Gowa.

Hal itu kita lakukan demi pencapaian tujuan lahirnya Perusahaan Daerah, apalagi jika kita merujuk pada persoalan biaya atau Anggaran yang di pakai tidak lepas dari uang rakyat, setiap warga wajib mengontrol kegiatan Perusda karena itu bagian dari kepemilikan masyarakat Kabupaten Gowa.

Di tambahkan Humas Lembaga Poros Rakyat Indonesia, bahwa seharusnya Perusda Mandiri Kabupaten Gowa wajib transparan dalam pencapaian setiap bulannya, dari mana sumber pendapatan dan seberapa besar penghasilan yang di kumpulkan.

Dan apa saja jenis kegiatan yang di kelola oleh para pelaku kebijakan yang ada di Perusda.

Melalui penelusuran tim kerja Lembaga Poros Rakyat Indonesia, hingga hari ini satu kegiatan PERTAMBANGAN yang di kelola di lokasi Sungai Jeneberang masih di anggap cukup menjanjikan pendapatan yang bisa di kelola oleh Perusda, karena masih beroperasi 11 buah ALAT BERAT EXCAVATOR.

Soal bagaimana menghitung pemasukan yang masuk sebaiknya transparan untuk masyarakat Gowa, karena ini menyangkut pendapatan daerah yang operasionalnya di biayai oleh uang rakyat.

Berapa sih penjualan MATERIAL setiap satu MOBIL yang di ambil oleh para PENAMBANG di lokasi PERUSDA, tutup Humas Lembaga Poros Rakyat Indonesia.

BERSAMBUNG.
tim kerja Lembaga Poros Rakyat Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *